Desain Brosur Simple dan Keren dengan Corel Draw

Brosur merupakan media promosi yang cukup umum digunakan oleh lembaga atau perusahaan. Brosur memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dibanding dengan media promosi lainnya. Artinya biaya produksi untuk membuat brosur akan lebih murah dibandingkan membuat banner.

Secara umum, brosur dibentuk ke dalam lipatan-lipatan. Biasanya brosur memiliki lipatan mulai dari 1 lipatan, 2 lipatan, 3 lipatan, dan seterusnya.

Dari sisi isi, brosur biasanya menjelaskan profile produk yang akan diperjualbelikan, tak jarang brosur seperti ini menempatkan nilai harga pada lembaran yang sama.

Sebelum Anda mengikuti langkah-langkah membuat brosur, perhatikan gambar akhir desain brosur dengan CorelDRAW berikut ini.

Gambar 1-1. Desain Brosur dengan CorelDRAW

1.  Langkah pertama, buat dua buah objek segi enam sebagai halaman brosur dengan Polygon Tool atau tekan tombol (Y) pada keyboard.

Gambar 1-2. Tampilan fasilitas Polygon Tool

Gambar 1-3. Hasil pembuatan objek segi enam

2.  Beri warna gradasi pada kedua objek segi enam tersebut dengan Interactive Fill Tool atau tekan tombol (G) pada keyboard.

Gambar 1-4. Proses pewarnaan objek segi enam dengan Interactive Fill

3.  Buat sebuah logo fiktif beserta namanya, kemudian letakkan logo tersebut di sudut atas halaman sebelah kanan brosur.

Gambar 1-5. Logo fiktif

Gambar 1-6. Peletakan logo fiktif

Gambar 1-6. Peletakan logo fiktif

4.  Buat sebuah objek persegi dengan Rectangle Tool atau tekan tombol (F6) pada keyboard. Kemudian ubah setiap sisi pada objek persegi tersebut, dengan sudut sebesar 45 derajat

Gambar 1-7. Tampilan Rectangle Tool

Gambar 1-8. Tampilan Rectangle Corner Roundness

Gambar 1-9. Hasil pengeditan objek persegi

5.  Pilih warna putih pada kotak tersebut, kemudian hapus garis pada objek kotak. Kemudian letakkan objek persegi di sisi kanan halaman brosur.

Gambar 1-10. Peletakan objek persegi

6.  Tekan tombol CTRL+I pada keyboard atau klik menu File > Import, untuk proses memasukkan gambar bitmap ke area kerja.

Gambar 1-11. Mengimpor gambar

7.  Klik menu Effects > Powerclip > Place Inside Container, untuk proses memasukkan gambar bitmap ke dalam objek persegi.

Gambar 1-12. Memasukkan objek menggunakan fasilitas Power Clip

8.  Buat beberapa teks untuk mengisi halaman brosur, dengan menggunakan Text Tool atau tekan tombol (F8) pada keyboard.

Gambar 1-13. Hasil pengeditan dan peletakan teks pada brosur

9.  Masukkan beberapa buah gambar ke dalam halaman brosur sebelah kiri dengan mengikuti proses yang sama pada langkah 6. Group terlebih dahulu seluruh objek. Sampai langkah ini

Anda telah melakukan langkah-langkah desain untuk bagian muka. Selanjutnya Anda akan membuat bagian sisi lainnya.

Gambar 1-14. Tampilan objek muka brosur

10.  Selanjutnya Anda akan membuat sisi lain dari brosur ini. Untuk membuatnya, Anda memerlukan halaman baru. Pilih menu Layout > Insert Page, untuk mengaktifkan kotak dialog Insert Page.

Gambar 1-15. Tampilan kotak dialog Insert Page

Gambar 1-16. Hasil proses Insert Page

11.  Aktifkan kembali halaman pertama dengan mengklik menu Page-1 yang terletak di bagian bawah, kemudian seleksi objek halaman luar brosur. Pilih menu Edit > Copy atau tekan tombol Ctrl+C pada keyboard, untuk proses meng-copy objek. Setelah itu, tekan tombol Ctrl+V pada keyboard atau klik menu Edit > Paste, pada area kerja di halaman kedua.

Gambar 1-17. Hasil proses meng-copy objek pada halaman kedua

12.  Pilih menu Arrange > Ungroup atau tekan tombol Ctrl+U pada keyboard, untuk proses memisahkan objek-objek brosur. Setelah itu, hapus bagian brosur yang tidak diperlukan dengan menekan tombol Delete pada objek yang ingin dihapus. Perhatikan gambar di bawah ini.

Gambar 1-18. Menghilangkan seluruh objek

13.  Ambil logo L.B.A.J dengan mengikuti petunjuk pada langkah nomor 11 sebelumnya, kemudian beri warna putih pada logo tersebut dengan fasilitas Fill Tool. Masih dengan objek logo yang terseleksi, aktifkan Interactive Transparency Tool. Kemudian pilih Uniform > Normal pada menu transparency type.

Gambar 1-19. Hasil pewarnaan logo dengan Fill Tool

14.  Buat duplikat objek hasil transparansi tersebut, kemudian letakkan di bagian halaman brosur sebelah kanan. Edit posisi kedua objek logo hingga terlihat seperti gambar berikut ini.

Gambar 1-20. Hasil penduplikatan dan peletakan logo

15.  Klik Text Tool, untuk membuat beberapa teks sebagai isi brosur. Susun teks-teks tersebut sedemikian rupa menggunakan Pick Tool.

Gambar 1-21. Hasil pembuatan dan peletakan teks pada brosur

16.  Buat lima buah bendera Negara yang mewakili kelima program bahasa yang terdapat pada isi brosur. Kemudian letakkan bendera-bendera tersebut sesuai dengan tempatnya masing-masing. Amati gambar di bawah ini.

Gambar 1-22. Hasil pembuatan dan peletakan objek bendera negara

17.  Langkah selanjutnya adalah menyeleksi semua objek yang ada pada brosur, setelah itu lakukan proses meng-group objek. Kemudian pindahkan objek brosur pada halaman-2 ke halaman-1, dengan mengikuti petunjuk langkah nomor 11. Kemudian edit ukuran dan posisi kedua brosur di halaman 1.

Gambar 1-23. Hasil pengeditan dan peletakan kedua brosur

18.  Beri aksen bayangan pada kedua brosur, kemudian seleksi masing-masing brosur dan bayangannya. Setelah itu lakukan proses meng-group objek.

Gambar 1-24. Hasil pengeditan dan peletakan kedua brosur

19.  Susun kedua brosur sedemikian rupa dengan Pick Tool. Maka selesai sudah semua langkah dalam mendesain sebuah brosur dengan CORELDRAW ini.

Gambar 1-24. Hasil akhir desain brosur dengan CorelDRAW

 

 

SELAMAT MENCOBA !!!

Posted on 4 Agustus, 2011, in Design Grafis. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: