12 Alasan Mengapa Orang Membuat Virus Komputer

Hampir sebagian besar pengguna komputer tentu tidak akan suka dengan yang namanya virus komputer. Virus komputer dalam artian adalah program yang beragam jenisnya yang bersifat mengganggu, merusak, menjengkelkan dan membahayakan, mulai dari malware, spyware, adware, worm dan trojan.

Yang membuat kita tak habis pikir adalah dengan alasan apa ada orang di dunia ini yang ‘iseng’ membuat virus komputer sehingga membuat kesal para pengguna komputer.

Ada banyak alasan yang membuat seseorang menciptakan virus komputer, mulai dari motif pribadi, motif materi, sampai motif yang berbau mata-mata. Mari kita lihat 12 motif atau alasan dibalik kenapa seseorang membuat virus komputer.

1. Karena marah

Jika ada seseorang marah dia tentu bisa berbuat apa saja dan begitu pula jika yang sedang marah itu seorang programmer komputer yang bisa membuat virus komputer. Bayangkan jika programmer yang marah itu adalah pegawai di satu perusahaan yang marah karena ia dianggap tidak becus membuat suatu program untuk perusahaan dan akhirnya menyalurkan kemarahannya itu dengan membuat virus komputer yang menyerang seluruh komputer yang ada di perusahaan tersebut.

2. Melakukannya demi ‘kesenangan’

Aneh memang jika ada orang yang membuat virus komputer demi kesenangan atau kepuasan pribadi. Orang seperti ini akan merasa senang atau puas ketika ia melihat hasil karyanya diliput luas oleh media cetak dan elektronik dan disebut sebagai seorang ‘elit’ yang berhasil merusak banyak komputer.

3. Spionase

Kegiatan spionase adalah tindakan mengumpulkan informasi untuk tujuan selain mencuri identitas atau demi materi. Biasanya dilakukan oleh mereka yang berkecimpung di dunia intelijen dan dilakukan guna mendapatkan informasi dari orang yang sebelumnya sudah mereka targetkan. Banyak orang yang khawatir dengan pembuat hardware asal Cina, mereka khawatir ada backdoor dalam hardware tersebut yang sengaja ditanamkan oleh pemerintah Cina atau pemerintah India yang khawatir dengan BlackBerry dan meminta pihak RIM menyediakan universal decryption keys untuk semua perangkat BB yang dijual di negara tersebut.

4. Gang online

Sekumpulan penjahat cyber yang membentuk gang. Ternyata gang online itu benar-benar nyata dan ada di dunia maya. Demi prestise gang-nya, biasanya mereka berkompetisi dengan gang online lainnya memperebutkan predikat gang online terbaik.

5. Naluri hacker

Seseorang dengan pola pikir hacker akan memiliki ketertarikan yang begitu tinggi tentang suatu hal dan tidak mudah puas kecuali ia mempraktekkannya sendiri. Sebagai contoh ia ingin mengetahui tentang kelemahan sebuah sistem operasi hp dengan membuat program kecil dan karena dia ingin tahu seberapa jauh pengaruhnya maka ia ujicobakan program kecil tersebut ke orang-orang di sekitarnya.

6. Uang

Selain kepuasan pribadi, motif lainnya yang dianggap paling dominan adalah karena uang. Banyak para penjahat cyber yang bisa disewa dengan sejumlah uang untuk melakukan spam, DDOS, botnet dan lain-lain.

7. Politik

Serangan virus, worm atau DDOS dapat dilakukan oleh suatu kelompok dengan alasan politik. Umumnya mereka mencoba mencari perhatian dari publik akan keberadaan mereka dan menyuarakan aspirasi mereka walaupun itu dengan cara-cara negatif.

8. Kisah percintaan dan drama

Cinta bisa memberikan kekuatan, kalimat itu memang cocok bagi para pecinta. Tapi bagaimana jika gagal cinta alias cinta ditolak, apakah bisa memberikan kekuatan juga?

Kalau yang gagal cinta itu seorang programmer komputer atau mahir di bidang dan terlalu gelap mata maka bisa jadi ia akan menyalurkan emosinya untuk membuat virus komputer dengan menyisipkan puisi atau pesan bagi sang kekasih yang tidak bisa jadi pendampingnya. Ada yang merasa seperti itu?

9. Sabotase

Mungkin dengan dalih balas dendam atau kompetisi, seseorang atau perusahaan akan mengerahkan segenap kemampuan untuk melumpuhkan sistem informasi orang lain, baik itu dengan menyebarkan virus atau cara-cara lainnya sehingga dapat menghancurkan kredibilitas orang atau perusahaan saingannya tersebut. Dan praktek ini adalah praktek kotor yang tergolong kriminal.

10. Tantangan intelektual

Ego untuk menjadi nomer satu dalam suatu hal bisa melatarbelakangi seseorang membuat virus komputer. Ambil contoh saja jika ada sebuah perusahaan antivirus yang meluncurkan produk antivirus yang mengaku bisa membasmi segala macam virus komputer dan lalu orang itu tergerak ingin membuktikan bahwa dirinya adalah satu-satunya orang di dunia yang bisa membuat virus yang tidak bisa dideteksi oleh si antivirus.

11. Pemerasan

Ada pihak-pihak yang menggunakan keahliannya membuat virus komputer untuk memeras orang lain. Sebut saja virus Vundo/Antivirus2009/Antivirus360 yang memberikan pesan “You’re infected! Give us sixty bucks and we’ll fix it!”

12. Sebagai ‘resume’

Ingin mendapat pekerjaan di perusahaan antivirus? Coba saja buat sebuah virus komputer yang sulit untuk dibersihkan, lalu buat juga cara untuk membersihkannya, kemudian kirimkan ke perusahaan antivirus. Hal seperti itu sama persis ketika anda membuat resume tapi kali ini adalah anda ingin diakui dan dipakai oleh perusahaan antivirus dengan menjual ‘hasil karya’ anda yang berupa virus komputer kepada mereka.

Posted on 12 Juni, 2011, in Article. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: