Cara Membuat Aplikasi Matematika Dengan Visual Basic

Sekarang kita akan membuat program yang lebih rumit lagi, yaitu program untuk menghitung. Dan tampilan program yang kita inginkan adalah seperti gambar berikut ini.

Gambar 1.1 Tampilan aplikasi Simple Math

 Jadi, dalam aplikasi yang kita buat ini ada 2 buah textbox untuk dikenai operasi matematika. Dapat berupa operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pemangkatan. Jadi, saat kita menekan tombol sama dengan, maka isi kedua textbox di atas akan dikenai operasi matematika.

Untuk membuat aplikasi ini, kita membutuhkan 3 buah textbox, 1 buah button, 1 buah label, dan 5 buah radiobutton yang kesemuanya diambil dari Toolbox.

Jadi, project ini kita beri nama Simple Math. Dan kontrol-kontrol yang dimasukkan di dalamnya kita set properties-nya melalui kotak properties sesuai tabel berikut.

Jadi, contoh pengaturan properties untuk form1 adalah seperti gambar berikut.

Gambar 1.2 Pengaturan properties Form1

Dan kode yang dimasukkan dalam jendela kode adalah sebagai berikut.

Adapun penjelasannya sebagai berikut:

  1. Pada baris ke-1 dibuat kelas frmMath.
  2. Pada baris ke-3 dibuat prosedur bernama btnHasil_Click yang meng-handle event saat btnHasil diklik.
  3. Pada baris ke-4, yaitu If radJumlah.Checked = True Then, artinya jika properties Checked dari object radJumlah bernilai True (radiobutton radJumlah dipilih), maka dilaksanakan kode pada baris ke-5, yaitu txtOutput.Text = Val(txtInput1.Text) + Val(txtInput2.Text). Yaitu proses penjumlahan isi textbox txtInput1 dengan isi txtInput2.
  4. Pada baris ke-6, yaitu End If, berfungsi untuk menutup prosedur pada baris ke-4.
  5. Pada baris ke-7, yaitu If radKurang.Checked = True Then, artinya jika properties Checked dari object radKurang bernilai True atau dipilih, maka…. Prosedur pada baris berikutnya akan dijalankan. Dan pada baris ke-9 pengandaian ini ditutup dengan perintah End if.
  6. Begitulah seterusnya hingga baris ke-18. Dan pada baris ke- 19, prosedur btnHasil_Click ini ditutup dengan perintah End Sub.
  7. Pada baris ke-21, dibuat prosedur radJumlah_Click untuk melaksanakan event saat radiobutton tersebut dipilih. Jadi, jika radiobutton tersebut diklik, maka Label1 akan berisi Text “+”. Dan prosedur ini ditutup dengan kode perintah End Sub, pada baris ke-23.
  8. Dan begitu seterusnya untuk radiobutton yang lain.

Dan inilah kode-kode yang diperlukan untuk membuat program kita tersebut. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan di dalamnya, yaitu bagaimana cara melakukan operasi matematika antarisi textbox.

Pada baris ke-5, perintah pengoperasiannya adalah txtOutput.Text = Val(txtInput1.Text) + Val(txtInput2.Text), bukan txtOutput.Text = txtInput1.Text + txtInput2.Text. Jika hal ini dilakukan, maka operasi yang terjadi adalah operasi strings (kata). Contohnya 23 + 45 menjadi 2345, bukan 68. Jadi, guna fungsi Val di sini adalah untuk mengubah nilai dalam textbox tersebut dari string menjadi angka.

Pada baris ke-17, yaitu txtOutput.Text = Math.Pow(Val(txtInput1.Text), Val(txtInput2.Text)) ada fungsi Math.Pow. Math ini adalah suatu object utama yang mewakili semua fungsi matematika, termasuk fungsi pangkat (power) yang object-nya bernama Pow. Selain Pow (Power) ada juga object sin untuk sinus. Cara pemanggilannya Math.Sin(….).

……….SELAMAT MENCOBA……….

Posted on 18 Mei, 2011, in Program. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: